Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Standar Penilaian Pendidikan pada KTSP

 بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ

1. Penilaian Berbasis Kelas

adalah penilaian yang dilakukan oleh guru dalam rangka proses pembelajaran. Dilakukan baik dalam bentuk tes tertulis, kinerja/penampilan, penugasan (project), hasil karya (product), maupun pengumpulan kerja siswa (portofolio). Dalam praktiknya penilaian PBK harus memperhatikan tiga ranah kognitif, afektif dan psikomotorik.

2. Penialaian Kinerja (Performance)

Penilian kinerja adalah penilaian berdasarkan hasil pengamatan penilaian terhadap aktivitas siswa sebagaimana yang terjadi. Penilaian kinerja biasanya digunakan untuk menilaian kemampuan siswa dalam berpidato, pembacaan puisi, diskusi, pemecahan masalah, partisipasi siswa dalam berdiskusi, memainkan alat music, olahraga dan lain-lain

3. Penilaian Penugasan (Proyek)

Penilaian penugasan proyek merupakan penilaian untuk mendapatkan gambaran kemampuan menyeluruh/umum secara konstektual, mengenai kemampuan siswa dalam menerapkan konsep dan pemahaman mata pelajaran tertentu. 

4. Penilaian Hasil Kerja (Produk)

Penilaian hasil kerja atau produk merupakan penilaian kepada siswa dalam mengontrol proses dan memanfaatkan/menggunakan bahan untuk menghasilkan sesuatu,kerja praktik atau kualitas estetis dari sesuatu yang mereka produksi.

5. Penilaian Tes tertulis

Penilaian secara tertulis dilakukan dengan cara tertulis. Tes tertulis merupakan tes dimana soal dan jawabannya yang diberikan kepada peserta didik dalam bentuk tertulis.

6. Penilaian Portofolio

Portofolio merupakan kumpulan hasil kerja siswa/suatu koleksi pribadi hasil pekerjaan seseorang siswa (bersifat individual) yang menggambarkan (merefleksikan) taraf pencapaian, kegiatan belajar, kekuatan, dan pekerjaan terbaik siswa. Hasil kerja tersebut sering disebut artefak. Artefak-artefak dihasilkan dari pengalaman belajar/proses pembelajaran siswa dalam periode tertentu.

7. Penilaian Sikap

Penilaian sikap merupakan penilaian terhadap perilaku dan keyakinan siswa terhadap suatu obyek, fenomena/masalah. Secara umum, penilaian sikap dalam berbagai mata pelajaran dapat dilakukan berkaitan dengan berbagai obyek sikap sebagai berikut :

Sikap terhadap mata pelajaran, b) Sikap guru terhadap mata pelajaran, c) Sikap terhadap proses pembelajaran, dan lain-lain.

8. Penilaian Diri (Self Assessment)

Penilaian diri di tingkat kelas atau Classroom Self Assessment (CSA) adalah penilaian yang dilakukan sendiri oleh guru atau siswa yang bersangkutan untuk kepentingan pengelolaan kegiatan belajar mengajar (KBM) di tingkat kelas.

Sumber: Umi Salamah, Penjaminan Mutu Penilaian Pendidikan, Evaluasi. Vol.2, No. 1, Maret 2018  

Posting Komentar untuk "Standar Penilaian Pendidikan pada KTSP"

Berlangganan via Email