Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perempuan tercipta dari tulang rusuk laki-laki?


tanya : Perempuan tercipta dari tulang rusuk laki-laki?

jawab :

Riwayat Abu Hurairah R.A dari Rasulullah SAW bersabda:
barang siapa yang beriman kepada Alloh dan hari akhir, maka janganlah menyakiti tetangganya dan saling berwasiatlah untuk berbuat baik kepada perempuan, karena mereka diciptakan dari tulang rusuk.sesungguhnya, tulang rusuk yang paling bengkok adalah tulang rusuk bagian atas. Jika engkau mempunyai hasrat untuk meluruskannya maka dia akan patah dan jika engkau membiarkannya maka dia akan tetap bengkok. Maka saling berwasiatlah untuk berbuat baik kepada perempuan”.HR.BUKHARI-MUSLIM

Ada 2 golongan yang berbeda dalam menafsirkan hadits di atas. Sesuai dengan makana sebenarnya dan sebatas perumpaan atau metafora
  • 1.     Pertama, bahwa perempuan di ciptakan dari tulang rusuk laki-laki secara makna sebenarnya.
Dia telah diciptakan dari tulang rusuk Nabi Adam as sebelah kiri yang diambil dari belakang saat tidur.
Dan ketika Nabi Adam as terbangun, maka dia melihatnya dan terkejut. Tapi akhirnya dia juga bahagia ats kehadirannya dan pasangannya pun merasa senang.

Ibnu Abbas pernah berkata:
“Perempuan diciptakan dari laki-laki. Dan keinginannya diciptakan dalam laki-laki dan laki-laki diciptakan dari tanah maka dijadikanlah kesenangannya di dalam tanah. Maka, berikanlah keinginan istri-istri kamu.”
  • 2.       Yang kedua, hanya sebatas penggambaran jika perempuan diciptakan dari tulang rusuk. Dan tulang rusuk di sini dimaknai dengan kebengkokan

Karena pada hakikatnya tulang rusuk sangatlah bengkok. Dan ini di gambarkan dalam watak si perempuan yang susah diluruskan.

Dan  kebengkokan tulang rusuk itu, diperkuat sabda Nabi. Jika tulang rusuk yang darinya perempuan tercipta adalah tulang rusuk yang paling atas yang berarti paling bengkok.
Dan ada pendapat lain mengenai bagian atas tersebut.

Dalam kitab AL-fath. Makna “atas” tersebut bahwa  bagian atas pada permpuan adalah kepala yang didalamnya terdapat lisan, yaitu yang dapat menimbulkan sesuatu yang menyakiti.

KESIMPULAN.
Perempuan tercipta dari tulang rusuk adalah makna sebenarnya. Tapi tanpa menafikan juga tentang penggambaran watak wanita dengan perumpamaan tulang rusuk.
Karena makna sebenarnya¸telah disinggung dalam al-Quran
-          وخلق منها زوجها
“dan daripadanya Alloh menciptakan istrinya”(QS.An-Nisa 4;1)
Ini firman Alloh yang menyindir penciptaan istri Nabi Adam as.

Juga ada lagi dalam surat AL-A’raf ayat 189
dan daripadanya Dia menciptakan istrinya”




Juga dalam surat Az-Zumar ayat 6
“Kemudian Dia jadikan daripadanya istrinya”

Wallohu a’lam bishshowab
YA NABI SALAM ‘ALAIK


Berlangganan via Email